Latest News

Daftar Pesawat Kepresidenan di Dunia



Pada KTT G20 di Brisbane, Australia yang diselenggarakan pada tanggal 15-16 November 2014 banyak kepala dan pejabat tinggi dari berbagai negara yang menghandiri acara tersebut. KTT merupakan kependekan dari Konferensi Tingkat Tinggi itu diselenggarakan di Brisbane Convention & Exbihition Centre, Brisbane, Australia. Selain membuat kota ini sibuk, KTT ini juga menyebabkan padatnya parkir pesawat dan bertambah ramainnya orang-orang di Bandara Brisbane. Tentu saja, karena para kepala dan pejabat tinggi negara, memarkirkan pesawat kepresidenan mereka di tempat tersebut. Tidak ketinggalan juga pesawat kargo yang mengangkut paspampres, serta mobil anti pelurunya untuk melindungi sang presiden.




Pesawat Obama disebut-sebut sebagai pesawat tercanggih dari deretan pesawat kepresidenan yang diparkir di Bandara Brisbane. Namun, ada pesawat yang lebih kinclong dari pesawat lain, yaitu pesawat kepresidenan Indonesia yang ditunggangi Joko Widodo, karena merupakan pesawat terbaru yang dibeli pada masa akhir pemerintahan SBY




Dikutip dari news.com.au, berikut pesawat-pesawat kepresidenan yang terparkir di Bandara Brisbane


1. Amerika Serikat

US Air Force One, Pesawat Kepresidenan Amerika

Sebetulnya, Sebutan Air Force One bukan hanya untuk kepresidenan Amerika saja. Jika Joko Widodo menaiki pesawat kepresidenan, maka pesawat tersebut juga dipanggil Air Force One. Jadi sebutan Air Force One sama setiap negara. Namun ada juga yang menyebutkan dengan Air One, contoh jika pesawat kepresidenan India maka disebut India Air One, ini untuk memudahkan memanggil pesawat kepresidenan. Berbeda tapi sama jika yang terbang adalah Wakil Presiden, pesawat itu disebut Air Force Two atau India Air Two.

Selain Air Force One sebutan lainnya di Amerika Serikat yaitu jika Presiden AS melakukan perjalanan darat maupun dengan helikopter. Jika perjalanan darat, maka kendaraan itu disebut Army One. Sementara jika menggunakan helikopter milik marinir AS, maka disebut Marine One. Negeri Paman Sam ini memiliki pesawat kepresidenan sejak 1910. Sejak 1990, AS punya 2 pesawat kepresidenan Boeing 747-200B.

Masing-masing pesawat memiliki 4 mesin jet elektrik CF6-80C2B1. Kecepatannya antara 630 dan 700 mil perjam dengan ketinggian terbang maksimal 45.100 kaki. Air Force One mampu membawa 53.611 galon bahan bakar. Dengan kapasitas ini, Air Force One disebut-sebut mampu mengelilingi sepertiga dunia tanpa mengisi bahan bakar dalam sekali terbang.


2. Jepang

Japan Air Force One, Pesawat Kepresidenan Jepang

Jepang memiliki dua pesawat, yang masing-masing untuk Kaisar dan Perdana Menteri. Pesawat-pesawat itu berjenis Boeing 747-400. Masing-masing pesawat berkapasitas 140 orang. Pesawat ini juga bisa digunakan untuk proses evakuasi warga Jepang dan misi-misi lain ke luar negeri.

Pesawat ini menggunakan mesin jet elektrik CF6-80C2. Jepang akan mengganti pesawat ini dengan Boeing 777-300ER pada tahun 2019 mendatang.


3. India

India Air Force One, Pesawat Kepresidenan India

Pesawat Air India One membawa sang Perdana Menteri, Narendra Modi. Pesawat kepresidenan India menggunakan jenis Boeing 747-400. Boeing Business Jet (BBJ) ini memiliki kapasitas 46 tempat duduk. Pesawat itu dilengkapi sistem antiradar dan antimisil serta fasilitas pengisian bahan bakar di udara.

India berencana mengganti Pesawat BBJ ini dengan 777-300ER Boeing, 787-9, Airbus A380, A350- 1000, atau A340.

India juga punya pesawat kepresidenan bari, Embraer 135 dengan kapasitas 14 tempat duduk, pesawat ini merupakan jenis pesawat pribadi.


4. Korea Selatan

Korean Air Force One, Pesawat Kepresidenan Korea

Presiden Korea Selatan, Park Geun-hye tiba di Brisbane dengan pesawat 747-400. Sejak April 2010, Korea Selatan menggunakan 2 CASA CN-235s, satu Boeing 737-300, dan Boeing 747-400, sebagai pesawat kepresidenan. Pesawat itu disewa dari Korean Air selama 5 tahun.


5. Prancis

France Air Force One, Pesawat Kepresidenan Prancis

Presiden Prancis, Francois Hollande, datang ke Brisbane dengan menumpang Airbus A340-200. Pesawat ini dioperasikan oleh Escadron de transport 3/60 Esterel. Selain 2 pesawat Airbus A340-200, ada pula 3 Airbus A310-304 yang siap mengangkut Presiden, Perdana Menteri, maupun pejabat Prancis.

Selain itu, pemerintah Prancis juga memakai pesawat yang dioperasikan The Escadron de transport, d'entraînement et de calibrage 00.065 (ETEC 65). Di bawah ETEC ada 4 Dassault Falcon 50, 2 Dassault Falcon 900, 2 Dassault Falcon 7X, dan sebuah Airbus A330-200, yang siap menjadi tunggangan para pejabat Prancis.


6. Meksiko

Mexico Air Force One, Pesawat Kepresidenan Meksiko

Presiden Meksiko, Enrique Pena, datang ke Brisbane dengan menumpang Boeing 757. Pesawat ini dilengkapi dengan sayap khusus untuk efisiensi bahan bakar yang lebih besar. Boeing 757 adalah jet berbadan langsing dan setidaknya ada 1.000 pesawat jenis ini yang telah beroperasi. Pesawat ini populer di Amerika Serikat.


7. Rusia

Rusian Air Force One, Pesawat Kepresidenan Rusia

Rusia mengoperasikan dua Ilyushin Il-96-300PU untuk Presiden Rusia. Dari gambar yang bocor ke dunia maya pada 2007, pesawat ini terlihat sangat mewah. Kamar mandinya digambarkan berlapis emas, lantai terbuat dari marmer, dinding berlapis sutera, dan fasilitas mahal lainnya.

Pesawat ini dilaporkan memiliki kapsul untuk melarikan diri, seperti salah satu yang ditampilkan dalam film Air Force One. Helikopter Mil Mi-8 VIP juga digunakan untuk transportasi udara domestik.Sementara, yang sudah terlihat di Bandara Brisbane adalah Ilyushin Il-76 yang diyakini mengangkut kendaraan presiden Rusia. Ada pula Ilyushin IL-96 yang mengangkut petugas keamanan yang menjaga Presiden Vladimir Putin selama pelaksanaan G20.


8. Afrika Selatan

African Air Force One, Pesawat Kepresidenan Afrika

Presiden Afrika Selatan, Jacob Zuma, tiba di Brisbane dengan Boeing 727. Pesawat ini pertama kali mengangkasa pada 1964 dan terakhir diproduksi pada 1984. Pesawat ini merupakan andalan maskapai penerbangan di seluruh dunia pada 1970-an dan 1980-an. Saat ini sekitar 200 pesawat jenis ini masih berperasi.


9. Indonesia

Indonesia Air Force One, Pesawat Kepresidenan Indonesia

Presiden Indonesia, Joko Widodo, telah mendarat di Brisbane dengan pesawat Boeing Business Jet 2 Green. Pesawat ini dipesan dari pabrik Boeing di Seattle, Amerika Serikat, tahun 2012 lalu. Harganya US$ 91,2 juta atau sekitar Rp 820 miliar.

Kapasitas bahan bakar pesawat ini 39.539 liter. Mampu terbang hingga 10.334 kilometer. Kecepatan maksimal 0,85 mach di ketinggian 41.000 kaki.

Kelebihannya, pesawat ini mampu terbang 10-12 jam. Mampu mendarat di bandara yang kecil, memiliki peralatan navigasi, komunikasi dan security sistem. Pesawat ini memiliki kapasitas maksimal 70 orang.

Pesawat ini memiliki panjang 39,5 meter, rentang sayap 35,8 meter, tinggi ekor 12,5 meter, dan diameter 3,73 meter.

Interiornya mewah, dilengkapi dengan tempat tidur, fasilitas ruang rapat, dan kamar mandi dengan shower. Pesawat kepresidenan ini dioperasikan oleh Skuadron 17 Halim Perdanakusuma.

Nah di atas tadi adalah daftar pesawat kepresidenan dari berbagai negara. Apakah anda ingin menaikinnya???

16 comments:


Siapapun boleh berkomentar. Jangan berkomentar sara, rasis dan melanggar HAM. Laporkan link yang rusak atau artikel yang terdapat kesalahan. Berkomentar dengan bahasa yang sopan dan bersahabat. Penuhi dengan diskusi bermanfaat :D

All Things Of 8H20 Designed by Templateism.com Copyright © 2014

Free Blogger Themes

Designed by Fadhillah Brimantara. The All Things Of 8H20 Copyright © 2015